Minggu, 29 Januari 2012

Pemanfaatan teknologi


PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA UNTUK MELESTARIKAN BUDAYA DAN NILAI LUHUR BANGSA INDONESIA

Seiring dengan masuk dan berkembangnya era globalisasi di negara kita tercinta ini.  Tanpa kita sadari bahwa secara perlahan kita telah menggeser posisi budaya lokal dengan budaya luar. Terlihat, pelan-pelan kedudukan budaya lokal semakin terkikis yang bisa saja mengalami kepunahan. Kejadian ini dimanfaatkan oleh beberapa oknum lain mengambil kesempatan mengaku-ngaku  akan budaya yang dicuri dari budaya lokal Indonesia. Bayangkan saja kekayaan bangsa kita, dengan wilayah yang sangat strategis, wilayah yang luas dengan banyak Pulau, keberagaman budaya yang unik dan menarik, pemandangan alam yang alami dan eksotis, dengan 33 provinsi, 730 bahasa daerah, 1128 suku bangsa ini serta didiami oleh sekitar 200 juta penduduk ini, kita dapat memukau seluruh penjuru Dunia. Namun sungguh ironis kalau budaya kita kurang dijaga dan dilestarikan. Ini sangat penting karena kitalah generasi penerus yang dapat melestarikan budaya bangsa yang sangat beragam ini.

Di era globalisasi sekarang ini, tidak hanya membawa dampak negatif bagi keanekaragaman budaya kita. Hal lain yang membawa dampak positif adalah berkembangnya teknologi yang semakin memudahkan kita untuk mengakses hal hal yan mengandung informasi yang syarat akan berita. Dengan berkembangnya zaman, teknologi semakin mudah menjamah ke semua elemen masyarakat. Terutama teknologi telekomunikasi dan media elektronik. Dari kaum anak-anak, kaum muda, hingga orangtua. Dari lapisan minor sampai kaum mayor hampir sudah menggunakan fasilitas teknologi ini. Sama halnya dengan media elektronik dan media intenet. Penggunaan media ini sangat ampuh diserap oleh ribuan pasang mata bahkan jutaan pasang mata di seluruh dunia. Karena media ini bisa dikatakan efektif sebagai gerbang komunikasi tanpa batas mengenal Dunia.
Seperti yang dilansir oleh media internet beberapa waktu lalu, Indonesia adalah salah satu Negara yang penduduknya merupakan pengguna media internet terbanyak di Dunia,. Di Negara-Negara asing bahkan di Indonesia, saat ini sedang booming yang namanya social networking dan media online. Penggunaannya sudah semakin luas, dari kawula muda hingga kawula tua, ini sudah seperti ‘candu’. Nah, ini merupakan celah yang tepat untuk memupuk nilai luhur untuk melestarikan budaya Indonesia melalui media komunikasi online yang menghubungkan komunikasi ke semua Negara. Karena tanpa disadari, dari semua elemen dapat dengan mudah mempromosikan budaya Indonesia. Yaitu dengan mengupdate lewat situs jejaring social seperti Facebook, Twitter, Blog, You tube, hand-phone dan media online lainnya. Misalnya dengan merekam tarian tradisional dan mengunggahnya serta menyebarkannya melalui situs You tube. Membuat suatu kreativitas dengan mengkolaborasikan Sains dan Teknologi dengan unsur etnik budaya Indonesia, misalnya membuat hand-phone dengan corak batik pada desainnya. Ataupun  memperkenalkan bahasa daerah, lagu daerah, objek wisata daerah bahkan masakan khas Indonesia lewat pameran Internasional.

Keanekaragaman kebudayaan Indonesia adalah sesuatu hal yang sangat berharga. Ini menjadikan nilai tambah bagi pendapatan Negara jika secara apik disajikan secara baik dan dikomunikasikan ke seluruh dunia dengan pemanfaatan teknologi media masa kini. Keanekaragaman ini sangatlah penting untuk dijaga dan dilestarikan agar di masa mendatang generasi penerus tidak lupa akan nilai luhur bangsanya dan termakan oleh zaman serta modernisasi dari kebudayaan luar. Alangkah baiknya jika kita menggunakan produk dalam negeri dan dengan bangga menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang luhur.

 

       












2 komentar: