Kamis, 02 Februari 2012

Temuan hebat atasi Global Warming

Penelitian yang telah dilakukan para ahli selama beberapa dekade terakhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia. Hal ini akan berdampak pada pemanasan global atau yang disebut dengan Global Warming. Pakar-pakar atmosfer dunia memprediksi akan terjadi kenaikan suhu di seluruh permukaan bumi sehingga bumi akan terasa panas dari sebelumnya. Dan itu benar terbukti bahwa bumi makin terasa panas sekarang-sekarang ini.

Namun, disisi lain ada beberapa ahli yang mencoba menemukan teknologi baru yang inovatif dan efisien untuk mengatasi Global Warming ini. Berikut ini temuan hebat yang bisa dijadikan solusi untuk mengatasi Global Warming adalah :

1.      Rumah Apung
Pemanasan global mengancam meningkatnya permukaan air laut akibat pencairan es di kutub. Faktor inilah yang melandasi Belanda untuk menciptakan rumah apung agar dapat mengapung diatas air. Rumah seperti ini pertama kali diciptakan oleh perusahaan Dura Vermeer dan dipasang di pantai Maasbommel kota di Tahun 2007. Rumah-rumah Terapung ini bisa menahan kenaikan hingga lima meter di permukaan air laut.
Source: google.com

2.      Gletser Buatan
Di negara-negara berkembang seperti India, Peru, Chili, dll mencairnya gletser merupakan masalah bagi negara yang mengandalkan sektor pertanian. Seorang Insyinyur sipil India, Chewang Norphel menemukan inovasi untuk membuat gletser dengan mengumpulkan air di kolam dangkal diblokir dengan tanggul batu kemudian dibekukan dengan menurunkan suhunya.
Proses pembuatan gletser buatan. Source : google.com
 3.      Menara Dinamis
Sebuah bangunan yang dirancang oleh David Fisher di Dubai adalah menara dinamis dimana lantainya dapat memutar sesuai rotasinya yang disebabkan oleh pergerakan turbin angin. Turbin angin ini dapat menghasilkan sejumlah daya yang besar.
Source: google.com
4.      AC tenaga Matahari
Mike Dennis seorang Insyinyur di Universitas Nasional Australia yang dapat menemukan sebuah air conditioner ecofriendly yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan tenaga matahari. Udara dikompresi dengan energi termal pendingin semprotan keluar dari pesawat jet, dan panas hilang dalam proses ini sebagai refrigeran menguap.
Source: google.com
5.      Pertanian bertingkat
Keterbatasan lahan bukanlah hal kendala yang dapat membatasi produksi bahan pangan mentah. Karena dengan memanfaatkan lahan bertingkat kita dapat lebih efisien memanfaatkan air yang terbuang. Sistem tenaga Matahari akan digunakan untuk menumbuhkan tanaman, dan akan ada ketentuan untuk mendaur ulang air dan sampah dengan cara alami. Tanaman akan aman dari banjir serta kekeringan dan jumlah yang diperlukan irigasi dapat diberikan.
Source: google.com

Inilah beberapa penemuan hebat yang inovatif dan cerdik yang dapat dijadikan solusi untuk mengatasi Pemanasan global. Jangan terpaku bahwa Isue Pemanasan Global sebagi momok yang mengancam kehidupan, namun alangkah baiknya kalau kita mampu mengatasinya dengan bijaksana. Karena hal ini terjadi akibat aktifitas manusia sendiri yang tidak bertanggung jawab terhadap alam. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya.


 "

Lakukanlah hal kecil untuk alam yang dapat berdampak besar bagi lingkungan nantinya."




Tidak ada komentar:

Posting Komentar